Jelajah Gua Song Gilap, Calon Wisata Primadona di Gunung Kidul!

Salah satu tempat wisata yang sedang booming di Gunung Kidul saat ini adalah Gua Song Gilap. Apakah kamu pernah mendengar nama gua satu ini? Mungkin masih terdengar asing. Tapi gua satu ini diprediksi bakal menjadi salah satu destinasi wisata primadona di Gunung Kidul.

Bukan tanpa alasan, Gua satu ini memang terbilang antimainstream dengan nuansa jadul dan mistis yang ada di dalamnya. Terlebih karena masih jarang dikunjungi orang, bau gua yang sangat pengap memberikan tantangan tersendiri bagi setiap orang yang mengunjunginya. Tak heran, jika kemudian penduduk setempat bahu membahu dalam merekonstruksi trek menuju jalan ini.

Pasalnya trek menuju ke gua satu ini memang terbilang terjal dan agak sulit dilalui wisatawan, jika tidak diberikan penunjuk ara yang jelas. Tapi melihat potensi wisata yang sangat bagus di dalamnya, penduduk setempat memutuskan untuk menjadikannya destinasi wisata terbaru. Mantapnya, hal ini juga direspon positif oleh pemerintah setempat. Alhasil, gua satu ini sudah bisa dikunjungi oleh wisatawan saat ini.

Jelajah Gua Song Gilap, Calon Wisata Primadona di Gunung Kidul!

Gua Song Gilap Memiliki Nilai Seni Tinggi dengan Ornamen Elegan di Dalamnya

Bagi kamu yang berencana untuk mengunjungi gua satu ini, kamu hanya perlu datang ke dusun klumpit yang terletak di Desa Kenteng, Kecamatan Klonjong. Berada di sisi utara kabupaten Gunung Kidul, destinasi satu ini memiliki suhu yang cukup dingin. Persiapkan jaket yang hangat saat kamu mengunjunginya.

Gua satu ini populer sebagai destinasi wisata dengan minat khusus. Pasalnya gua yang sangat dalam ini memang hanya akan terlihat indah, jika orang yang mengunjunginya memang memiliki pemahaman yang tinggi akan seni ornamen. Ada keunikan tersendiri yang akan kamu dapatkan pada saat kamu mengunjunginya. Terlebih jika kamu membandingkannya dengan gua lain di negeri ini.

Ada alasan kenapa goa satu ini disebut memiliki nilai seni tinggi. Pasalnya di dalam Gua Song Gilap ini terdapat lapisan batu dengan bentuk yang sangat unik. Bahkan diantaranya banyak yang menyerupai bunga teratai atau bahkan jamur payung. Bentuk ornamen unik inilah yang menjadikannya istimewa. Bahkan ada satu spot yang disebut istana ornamen di dalamnya. 

Di dalam “istana” alami ini,  kamu akan menemukan sebuah ruangan yang berisikan berbagai bentuk batu yang unik. Dengan eksotisme yang tidak tergambarkan, bisa dibilang kamu akan seperti berada di negeri dongeng di dalamnya. Ya, sekilas istana ornamen ini memang terlihat seperti gambaran istana para kurcaci atau para peri di dalam kisah kartun atau animasi. Sangat indah jika dilihat dari sudut pkamung manapun.

Trek Masuk Masih Sangat Namun Terasa Istimewa Pada Akhirnya

Untuk memasuki istana ornamen di dalam Gua Song Gilap ini, kamu harus menempuh trek yang sangat berat. Pasalnya istana ornamen ini terletak di ujung Gua yang harus ditempuh dengan perjalanan selama kurang lebih 2 jam. Tidak sebentar bukan? Tidak hanya itu saja, trek yang dilalui juga cukup menantang.

kamu harus menyusuri gua satu ini yang notabene berupa sungai kecil dengan batuan stalagmit dan stalagnit di atasnya. Kedalaman sungai ini sendiri sangat beragam dari mulai semata kaki, lutut, hingga ada beberapa spot yang mencapai kedalaman paha orang dewasa. Jadi harus ekstra hati hati untuk bisa melihat keindahan istana ornamen ini. Meskipun treknya sangat sulit, Gua satu ini mulai banyak dikunjungi wisatawan yang penasaran. 

Bagaimana? Berminat mengunjungi gua indah satu ini? Untuk harga masuk sekaligus menyewa jasa penunjung jalan, kamu diwajibkan membayar Rp. 750 ribu rupiah. Ini bukan untuk sendiri melainkan paket 5 orang. Jadi tiket perorangnya dibanderol dengan harga 150 ribu rupiah saja. Dengan eksotisme tinggi dan harga yang terjangkau ini, tak heran jika kemudian banyak yang memprediksi kalau Gua Song Gilap ini akan menjadi Wisata Primadona Di Gunung Kidul kedepannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel