Counting in English is Simple, Perhatikan Contoh Angkanya Disini!

Dalam belajar bahasa Inggris tentunya Anda tidak asing dengan istilah counting in English. Karena istilah ini cukup rumit dipelajari, sehingga butuh proses untuk benar-benar memahaminya. Namun meskipun begitu, Anda tidak perlu bingung bila tidak dapat menghafal angka 1 sampai 1000. Karena dalam belajar berhitung menggunakan bahasa Inggris itu sama saja.

Angka yang digunakan dalam bahasa Inggris punya pola yang bisa dipakai untuk menghafal angka sampai milyaran. Hanya saja Anda harus bisa membedakan antara pemakaian bahasa Inggris dari Britania dan Amerika saat belajar berhitung. Ada beberapa perbedaan dalam pengucapan angka menggunakan bahasa Inggris Britania dan Amerika. Salah satunya dari deretan angkanya.

Dalam bahasa Inggris dari Britania, angka yang berulang biasanya disingkat sementara Amerika setiap angkanya dikatakan semuanya. Jadi tidak disingkat, misalnya saja untuk angka 700333. Dalam Britania, maka cara pengucapannya adalah seven double zero triple three. Sedangkan dalam Amerika cara pengucapannya seven zero zero three three three

Cara Berhitung Dalam Bahasa Inggris

Tips Berhitung Angka Ribuan dan Penggunaan “And”

Sedangkan untuk cara berhitung menggunakan angka ribuan disini pemenggalannya angkanya dalam bahasa Inggris Amerika itu berbeda dengan Britania. Dalam counting in English untuk Britania ini pemenggalan angkanya sama seperti dalam bahasa Indonesia. Sedangkan untuk bahasa Inggris Amerika menggunakan hitungan per 2 digit. 

Misalnya untuk menyebutkan angka 4,500, maka dalam Britania cara penyebutannya adalah four thousand, five hundred. Sedangkan untuk Amerika cara pengucapannya adalah forty five hundred. Selanjutnya untuk pemakaian kata “and” dalam perhitungan bahasa Inggris ini digunakan untuk menyebutkan bilangan puluhan dan ratusan.

Namun kata “and” ini hanya dipakai untuk bahasa Inggris Britania. Jadi dalam Amerika tidak memakainya cara itu. Dilihat dari sini cara berhitung menggunakan bahasa Inggris terlihat sedikit rumit dan memusingkan. Hanya saja dengan terus berlatih dan memahami contohnya seperti di bawah ini pasti akan membuat Anda lebih mudah mempelajarinya!

Contoh Angka Kardinal

Dalam counting in English, Anda tidak bisa terlepas dari angka kardinal, yaitu sebuah angka untuk menyatakan kuantitas. Misalnya bila ingin mengatakan saya punya 3 ekor kucing, maka cara pengucapannya adalah I have three cats. Jadi angka kardinal ini kerap dipakai untuk percakapan sehari-hari dalam bahasa Inggris.

Untuk menghafal angka menggunakan bahasa Inggris Anda tidak harus menghafalkannya semua. Hal yang perlu dihafalkan hanya dari 1 sampai 19 saja, selebihnya semuanya adalah sama. Seperti angka puluhan 20, 40, 20, dst ataupun ratusan sampai jutaan. Semuanya adalah sama, hanya menggabungkan angka sebelumnya saja.

Jadi bila angka kardinal diantara 1 sampai 19, maka angka 0 adalah oh, zero, nil, dan nought. Angka selebihnya adalah sama, untuk pengucapan angka 0 itu ada 4 dan zero untuk cara pengucapan paling umum. “Oh” biasanya dipakai untuk menyebutkan nomor kamar. Kemudian untuk kata nought ini biasanya dipakai dalam Inggris Britania.

Contoh Angka Puluhan, Ratusan, Ribuan, dst

Selanjutnya untuk mempelajari counting in English angka puluhan bisa dimulai dari 20, 30, 40, 50, dst. Dimana untuk setiap akhirannya hanya ditambahkan kata –ty saja. Misalnya saja untuk 20 adalah twenty. 30 adalah thirty, kemudian 40 forty, 60 sixty, dst. Selanjutnya Anda tinggal menggabungkan angka puluhan dan satuan.

Itu bisa Anda lakukan saat ingin membuat angka 2 digit seperti 54. Contohnya menjadi fifty four. Sedangkan untuk pengucapan 68 adalah sixty eight, begitu juga seterusnya. Seperti dalam perhitungan angka ratusan, ribuan, sampai milyaran hanya menambahkan saja. Jadi bila 100 adalah one hundred, maka 1000 menjadi one thousand, begitu juga seterusnya.

Jadi sama halnya dalam mengucapkan angka puluhan, Anda hanya perlu menggabungkan yang ada di bawahnya saja. Sedangkan di atas dari angka ratusan harus ditambahkan dengan, “and”. Misalnya untuk 165, cara pengucapannya one hundred and sixty five. Kemudian bila ingin mengucapkan 1,991 menjadi one thousand, nine hundred and ninty one.

Contoh Angka Ordinal

Sementara itu untuk mempelajari angka ordinal dalam counting in English ini ditunjukkan dalam beberapa posisi/peringkat.  Misalnya saja pertama, kedua, ketiga, dst. Angka ordinal sering dipakai dalam pertandingan dan perlombaan untuk menyebutkan siapa pemenangnya. Untuk cara menghafalnya, Anda hanya harus menghafal angka akhirannya.

Disamping itu, akhiran yang harus dihafalkan 1 sampai 4 karena selebihnya polanya adalah sama, yaitu pertama: 1st atau first. Kedua 2nd atau second, ketiga 3rd atau third, keempat 4th atau fourth, kelima 5th atau fifth, keenam 6th atau sixth, ketujuh 7th atau seventh, ke delapan 8th atau eighth, kesembilan 9th atau ninth.

Jika dilihat secara keseluruhan antara angka 4 sampai 9 berakhiran th. Sedangkan satu hal lagi yang harus diperhatikan dalam angka ordinal jika melebihi 1 digit itu berbeda. Anda bisa memakai angka paling akhir saja. Misalnya ke-24 maka caranya twenty-fourth atau 24th. Namun 11, 12, 13 itu berubah, yaitu eleventh, twelfth, thirteenth.

Contoh Angka Pecahan

Selanjutnya untuk perhitungan angka pecahan dalam mempelajari counting in English ini biasanya dipakai saat belajar matematika. Hanya saja terkadang disaat berbelanja Anda juga akan melihat angka pecahan ini. Dalam menggunakan angka pecahan bahasa Inggris mudah. Tidak lain yaitu, numerator/angka yang diatas cara pengucapannya seperti angka kardinal pada umumnya.

Selanjutnya denominator diucapkan ordinal. Bila numerator jumlahnya melebihi 1, maka harus ada tambahan “s” di akhiran supaya menjadi jamak. Misalnya untuk pengucapan 1/5 adalah one fifth. Sedangkan untuk 2/3 adalah two thirds. Selanjutnya untuk pecahan ½, ¼, 2/4, dan ¾ itu pengucapan counting in English menggunakan kata half dan quarter.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel