Bingung Mempelajari Waktu Dalam Bahasa Inggris? Ini Triknya!

Sebenarnya cara menghitung waktu dalam bahasa Inggris ataupun Indonesia itu sama. Seperti yang diketahui bahwa dalam 1 hari terdapat waktu 24 jam. Namun jadwal kegiatan setiap orang pasti berbeda sepanjang hari. Anda mungkin akan melakukan kegiatan berbeda pada jam yang sama sepanjang hari. Begitu juga durasi waktunya yang tidak sama.

Maka dari itu, dibutuhkan alat penunjuk waktu supaya semua orang bisa menghitung waktunya. Peraturan cara menghitung jam setiap negara adalah sama meskipun berada pada zona waktu yang berbeda. Perhitungannya adalah 24 jam sehari, 60 menit sama saja 1 jam. Hanya saja cara untuk menyatakan waktu dalam bahasa Inggris seringkali berbeda.

Dalam bahasa Inggris, ada 2 cara untuk menyatakan waktu, yaitu British dan American Style. Pemakaian 2 cara ini di setiap wilayah tidak terikat jadi bisa diaplikasikan secara bebas. Hanya saja sebaiknya pahami keduanya agar Anda lebih mudah berkomunikasi dengan yang lain. Berikut penjelasan penggunaan waktu menggunakan bahasa Inggris, antara lain:

Cara Menyatakan Waktu dalam Bahasa Inggris

American Style

Cara paling mudah untuk mempelajari waktu menggunakan American Style adalah dengan menyertakan menitan. Misalnya saja jika ingin menyatakan waktu 11.10 atau jam sebelas lebih sepuluh menit. Maka cara penulisannya adalah eleven ten, sedangkan bila ingin menulis jam 9 lebih 20 menit atau 9.20 adalah nine twenty.

Begitu juga saat ingin menyatakan jam 5.42 atau enam lebih empat puluh 2 menit, maka cara penulisannya adalah five forty two. Kemudian jika ingin mengatakan jam sembilan lebih delapan menit adalah nine oh eight. Jadi dalam menggunakan American Style itu tidak ada kata jam dan kurang hanya lebih saja.

Seperti itulah cara menggunakan American style untuk menghitung waktu dalam bahasa Inggris. Sehingga jika Anda ingin cara yang lebih simple dalam pengucapannya menggunakan bahasa Inggris, silahkan pakai trik ini saja. Karena caranya sangat sederhana dan pasti Anda bisa melakukannya. Sedangkan cara lainnya bisa menggunakan british style.

British Style

Untuk pemakaian British style ini cara menyatakan waktunya lebih formal dan cukup rumit untuk pemula daripada sebelumnya, karena dalam menggunakan British style. Anda harus menyebutkan waktu menitnya dulu. Disamping itu Anda juga akan menemukan istilah kurang dan lebih dalam menyebutkan menitnya.

Misalnya saja bila ingin menyatakan waktu 06.10, maka menjadi jam enam lebih sepuluh menit, maka cara penulisannya adalah ten past six. Selanjutnya jika ingin menulis jam delapan lebih dua puluh menit atau 8.20, maka cara penulisannya twenty past eight. Kemudian jika ingin mengatakan jam 4 kurang 12 atau 4.12, maka cara penulisannya adalah twelve to four.

Jika lebihan setiap menitnya menunjukkan kurang 30 menit, artinya Anda harus menggunakan past rumusnya. Jadi seperti yang kami sebutkan dalam poin di atas. Namun bila lebihannya adalah 30 menit hingga melebihi dari itu harus memakai rumus to. Seperti yang sudah dicontohkan tersebut.

Namun bila lebihan menitnya 30 menit tepat, Anda bisa memakai half untuk menggantikan posisi thirty. Bila jumlahnya ada 15 menit maka yang digunakan adalah a quarter untuk menggantikan kata fifteen. Misalnya jika ingin menulis 2.15 atau jam 2 lebih 15 menit adalah a quarter past two.

Sementara itu jika ingin menulis jam 5.30 atau lima lebih 30 menit, maka yang digunakan dalam penulisan waktu dalam bahasa Inggris adalah half past five. Kemudian bila ingin menyebutkan jam 9 kurang 15 menit, maka cara penyebutannya adalah a quarter to nine.

Contoh Menyatakan Waktu dalam Bahasa Inggris Tanpa a.m p.m

Dalam penyebutan waktu menggunakan bahasa Inggris itu hanya ada 1 hingga 12. Sedangkan untuk menyatakan perbedaan waktu pagi sampai malam menggunakan tambahan ante meridiem atau a.m dan post yaitu p.m. Kapan keduanya bisa dipakai? Format a.m ini bisa dipakai jam 12 dini hari sampai kurang dari pukul dua belas siang.

Sedangkan format p.m digunakan jam 12 siang sampai tengah malam. Contoh pemakaiannya bisa digunakan saat ada percakapan dua orang seperti ini:

A: Saya akan ke Kediri besok (I will go to Kediri tomorrow). 
B: Bagus, jam berapa terbangmu? (Nice! What time is your flight?).  
A: Tepat jam 7 malam.

Untuk mengatakan jadwal, yang digunakan bukan on tapi at. Kecuali bila ada yang menanyakan waktu di jam saat itu, maka tidak perlu menggunakan kata at. Disamping itu untuk mengatakan jam “tepat” seperti pukul 7 pas, maka yang digunakan pada waktu dalam bahasa Inggris adalah o’clock, misalnya seperti it’s seven o’clock.

Keterangan Waktu Pengganti Imbuhan a.m p.m

Adapun bila tidak mau memakai kata imbuhan p.m atau a.m, Anda bisa mengubahnya menggunakan keterangan waktu sesuai kondisinya disat itu. Misalnya saja bila ada yang bertanya, seperti berikut.

A: Kapan kamu akan pulang? (When will you go home?). 
B: Saya tidak tahu, saya pikir sekitar jam 4 sore.( I don’t know, I guess around four in the afternoon). 
A: What time the twins arrive? (Jam berapa si kembar tibe?). 
B: Besok jam 6 pagi. (Tomorow at six in the morning). 

Jadi macam-macam keterangan waktu disini ada banyak. Ada in the morning untuk menyatakan pagi. In the afternoon untuk siang dan sore hari.  In the midday untuk tengah siang. In the evening untuk menyatakan petang atau malam hari. At night untuk malam hari dan masih banyak lagi keterangan waktu dalam bahasa Inggris yang bisa digunakan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel