Mengatakan “Ya” dalam Bahasa Inggris Menggunakan Cara Lain

Hampir setiap orang mengira bahwa pengucapan “Ya” dalam bahasa Inggris itu hanya ada kata yes saja. Sehingga untuk mereka yang tidak begitu memahami bahasa Inggris kerap menggunakan kata yes untuk mengatakan Ya. Padahal masih ada banyak afirmasi lainnya yang bisa digunakan, jadi jangan dikira hanya ada yes saja.

Karena Yes itu afirmasi standar, kata ini bisa digunakan jika Anda ingin memberi respon yang posiitf pada pertanyaan yes dan tidak. Kata Yes bisa dipakai untuk kondisi formal dan informal. Misalnya saja, bila ada yang bertanya, “Do you have time to meet?” maka jawabannya bisa, “Yes, just come in”.

Selain kata Yes, ada juga kata “Yea” untuk mengatakan kata Ya. Yea atau sering disebut dengan Yeah ini sebenarnya sama fungsinya dengan kata Yes, namun kalimat ini sedikit informal. Selain itu, kata Yea jarang dipakai dalam kondisi formal. Misalnya saja untuk mengatakan, “Yea, and it’s really bad”.

Cara Menyatakan Ya Dalam Bahasa Inggris

Contoh “Ya”: Obviously, Ok, Okey, Sure, Right

Selain kata Yes dan Yea, Ada juga bisa menggunakan kata lainnya untuk mengatakan “Ya” dalam bahasa Inggris. Misalnya saja seperti Obviously, Ok, Okey, Sure, dan Right. Untuk Obviously ini terbilang sarkasme. Misalnya saja bila ada pertanyaan, “This voice is bad, doesn’t it?” Kemudian, dijawab dengan, “Obviously!” artinya ya jelas.

Sehingga dari sini terlihat sarkasme. Sedangkan untuk kata Ok dan Okay ini bisa dipakai untuk memberi perizinan/ persetujuan berbentuk formal dan informal. Misalnya bila ada pertanyaan, “I’ll be back at 10.00 PM. Could you unlocked until I’m home?”. Kemudian, Anda bisa menjawabnya, “Ok, just be careful!”.

Selanjutnya untuk penggunaan kata Okey dokey ini sama seperti kata Ok, yaitu untuk persetujuan, namun bentuknya informal dan sering dipakai anak-anak/ teman sebaya. Misalnya bila ingin mengatakan, “Remember don’t go late”. Kemudian, dijawab dengan, “Okey dokey”. Sedangkan Sure juga demikian, yaitu untuk memberi persetujuan namun bisa ditambah dengan sure thing.

Jika ada pertanyaan, “Would you lend me the phone?” You can answer this question, “Sure, here you are”. Seperti itulah cara pemakaiannya, sedangkan untuk kalimat Right dalam mengatakan “Ya” dalam bahasa Inggris ini bisa digunakan untuk memberi pembenaran. Misalnya bila ada yang bertanya, “That’s the boy you’re talking about, right?”.

Contoh “Ya”: Good Idea, Uh-huh, Certainly, Very Well, Yup, Of Course

Selanjutnya kata lain untuk mengatakan Ya adalah Good Idea, Uh Huh, Certainly, very well, yup, dan of course. Untuk penggunaan kata good idea ini digunakan untuk memberi respon positif pada sebuah ide/ penawaran. Misalnya saja bila ada yang bertanya, “Would you like some burger?”. You can answer, “Good Idea!”.

Sedangkan kata Uh-huh ini dipakai untuk memberi persetujuan memberi “Ya” dalam bahasa Inggris berbentuk informal. Biasanya kata ini diikuti dengan isyarat, seperti mengangkat bahu dan menganggukkan kepala. Misalnya jika ada yang bertanya, “Do you think this looks nice on me?”. Then you can answer, uh-huh for that question.

Kemudian, untuk pemakaian kata certainly ini bisa digunakan untuk situasi formal. Artinya sama seperti definitely. Misalnya bila guru Anda mengatakan, “Could you come to my office after class?” Kemudian, Anda bisa mengatakan certainly untuk menjawabnya. Karena ini untuk situasi formal di kelas. Selanjutnya untuk very well ini bersifat sarkastis untuk mengiyakan.

Misalnya saja bila ada yang berkata, “I’m sorry, I hope not to be late later”. Kemudian, kata “Ya” dalam bahasa Inggris untuk menjawabnya bisa menggunakan kalimat, “very well”. Setelah itu, untuk kata Yup/ Yep dipakai untuk situasi santai. Berbeda sekali dengan of course yang lebih identik ke dalam bentuk formal.

Contoh “Ya”: Why Not, Alright, Absolutely, Indeed, Fine, Affirmative, Positive

Ada lagi contoh kalimat Ya untuk mengiyakan sesuatu, misalnya seperti why not, absolutely, alright, fine, indeed, affirmative, dan positive! Untuk kata why not sama dengan kata Ya lainnya, untuk mengiyakan sesuatu Anda bisa menggunakan kalimat, “Why Not?” disaat ada yang bertanya sesuatu seperti, “Can I go to your home tonight?”.

Selanjutnya untuk kata “Ya” dalam bahasa Inggris lainnya bisa menggunakan alright untuk pembenaran bersifat informal. Misalnya bila ada yang berkata, “I’ll see you again tomoroq, okey?”. Kemudian dijawab dengan, “Alright”. Setelah itu, untuk kata absolutely ini digunakan untuk menyampaikan persetujuan secara formal. Absolutely ini sama seperti undoubtedly untuk gaya kasual.

Namun kata itu juga bisa diganti dengan totally. Misalnya dalam pertanyaan, “Can you finish before 7 o’clock?”. Kemudian bisa dijawab dengan, “Absolutely/ undoubtedly/ totally!”. Jadi sesuaikan saja dengan situasinya. Kemudian untuk kata Indeed ini juga demikian, artinya juga Ya/ pembenaran. Hal ini sama seperti pemakaian kata Fine, hanya saja lebih sarkastik konotasinya.

Fine ini bisa diartikan sedikit berat hati, misalnya bila ada yang mengatakan, “No gadget until your homework done”. Dengan begitu jawaban berat hatinya bisa mengatakan “fine”. Selanjutnya untuk kata affirmative ini lebih jenaka dan informal. Misalnya bila ada yang bertanya, “Are you sure about your idea?”. Kemudian dijawab dengan affirmative

Selanjutnya untuk kalimat positive ini juga demikian. Fungsinya adalah untuk membenarkan. Misalnya bila ada yang berkata, “This hotel has the best room”. Kemudian, dijawab dengan kata positive. Seperti itulah penggunaan kata “Ya” dalam bahasa Inggris yang harus dipahami setiap orang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel