Inilah Tips Menawar dalam Bahasa Inggris yang Benar

Ada beberapa tips menawar dalam bahasa Inggris yang bisa digunakan untuk pemula. Seperti yang diketahui bahwa kegiatan tawar menawar itu tidak hanya untuk berbelanja di Indonesia saja, namun juga bisa digunakan untuk banyak hal. Bahkan di negara asing yang memakai bahasa Inggris juga melakukan kegiatan tawar menawar saat membeli barang.

Maka dari itulah, memahami bagaimana cara menawar harga barang menggunakan bahasa Inggris itu penting sekali dalam kehidupan sehari-hari. Karena terkadang Anda pasti melihat sebuah barang yang sedang dijual kemudian tertarik ingin membelinya. Namun karena harganya dianggap terlalu mahal, sehingga Anda harus menawarnya dengan menggunakan cara yang sopan supaya lebih lancar.

Kegiatan menawar harga barang umumnya dilakukan di garage sale/ pasar tradisional. Dimana setiap kegiatan jual belinya dilakukan langsung antara pembeli dan penjualnya. Untuk bisa menawar harga dengan baik, cari tahu dulu cara menanyakan harganya. Selanjutnya tinggal memberi komentar harganya dan menggunakan tips menawar dalam bahasa Inggris seperti berikut ini:

Inilah Tips Menawar dalam Bahasa Inggris yang Benar

Cara Menanyakan Harga Barang

Cara untuk bertanya harga barang ini penting sekali sebelum menawarnya. Karena Anda tidak bisa menawar tanpa mengetahui harga barangnya. Maka dari itulah, gunakan salah satu cara berikut bila ingin mengetahui harga barangnya. Yaitu, bisa menggunakan kata how much does it cost?; How much is that?; How much is that?.

Bisa juga menggunakan How much is it going for?; How much do you want for this?; Is this the final price? (Untuk menanyakan harga nett-nya); How much is this?; dan masih banyak cara untuk menanyakan harga barang yang mudah dalam bahasa Inggris. Kemudian langsung menggunakan tips menawar dalam bahasa Inggris.

Namun yang pasti untuk kalimat seperti How much is that/ this/ it going for itu untuk pertanyaan harga barang semacam kiasan. Anda dapat melihat karena ada kata kerja menggunakan going yang artinya pergi. Hanya saja dalam konteks kalimat ini, kata going mempunyai arti yang berbeda dengan pergi seperti pada umumnya.

Going disini bisa berarti berapa harga barang tersebut, sedangkan untuk contoh kalimat terakhir seperti is that/ this it the final price? Tidak lain, yaitu untuk menanyakan harganya apa nett, maka gunakan kalimat ini. Namun tentu saja kalimat ini bisa dipakai bila penjual sudah memberitahukan harga barangnya. Sehingga baru bisa menawar atau menanyakannya.

Cara Mengatakan Harga Barang Terlalu Mahal

Setelah menanyakan harga barang apakah sudah nett, maka Anda bisa mengatakan bila harganya terlalu mahal. Sehingga Anda bisa menggunakan tips menawar dalam bahasa Inggris yang akan diberikan kali ini. Cara melakukannya harus benar supaya bisa menjadi kode, agar penjual mengurangi harga jual barangnya. Cara menawarnya bermacam-macam, contohnya seperti berikut ini:

Untuk mengatakan harganya sedikit mahal, bisa menggunakan kalimat it’s a little expensive. Anda juga bisa menggunakan kalimat it’s a little pricey. Atau bila ingin mengatakan harganya terlalu mahal bisa menggunakan kata it’s too pricey. Selanjutnya jika Anda ingin mengatakan harganya melebihi dari dompet Anda juga ada triknya untuk mengatakannya.

Tidak lain yaitu bisa menggunakan kalimat it’s over my budget. Atau bisa juga mengatakan it’s out of my price range. Namun bila Anda ingin mengatakan harganya lebih mahal daripada yang dimiliki sekarang, kalimatnya adalah it’s more than I have right now. Anda juga bisa berkata it’s more than I can untuk penjual.

Setelah mengatakan harga barangnya dianggap terlalu mahal, Anda bisa menggunakan tips menawar dalam bahasa Inggris. Namun untuk menyambung komentar harganya yang kemahalan ke kalimat penawaran, silahkan gunakan kalimat “I’m interested, but it’s over my budget. Would you..”. Nah dari sinilah Anda bisa melanjutkan kalimatnya dengan penawaran harga kepada si penjual.

Cara Menawar Harga

Untuk menawar harga itupun bervariasi caranya. Anda bisa menggunakan kalimat would you sell it for 2 thousands sebagai tips menawar dalam bahasa Inggris yang pertama. Ada juga bisa mencoba kalimat how about (harga barang) untuk menawar harganya kepda si penjual. Anda juga bisa menggunakan cara lain untuk menawar harga barangnya.

Misalnya saja menggunakan kalimat Would you take (harga barang)? Untuk menawar harga barang sesuai budget Anda. Sehingga Anda juga dapat menggunakan kalimat would you sell it for (harga barang). Kalimat ini digunakan untuk menanyakan apakah barang tersebut bisa dibeli dengan harga sesuai keinginan. Selanjutnya, Anda bisa mengatakan I will give you.

I will give you (price). Artinya adalah, Saya akan memberikan Anda (harga sekian..). Misalnya saja Anda ingin mengatakan, “Would you sell it for 30 dolars?”. Kalimat ini untuk menawar harga apakah penjual mau menjual barangnya 30 dollar. Selain itu, bisa juga menggunakan kalimat I will give you 10 dollars for that.

Hanya saja Anda harus lebih hati-hati saat menggunakan kalimat terakhir. Karena kalimat ini terlihat mendesak, sehingga terkadang dianggap tidak begitu sopan untuk menawar sebuah harga. Itu tadi adalah cara menawar harga barang supaya mendapat nilai yang sesuai dengan Anda disesuaikan kondisinya.

Untuk penjualan seperti garage sale, Anda bisa memakai kalimat yang tidak formal. Hanya saja bila sedang menawar mobil atau rumah, gunakan kalimat sopan supaya tidak terkesan melecehkan. Karena jika Anda mengabaikannya, ini bisa menjadi masalah untuk Anda. Maka dari itu, perhatikan tips menawar dalam bahasa Inggris supaya tidak ada masalah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel