Tips Mempelajari Cara Membuat Instruksi dalam Bahasa Inggris

Memberikan Instruksi dalam bahasa Inggris itu hampir sama seperti Anda ingin menyuruh seseorang. Hanya saja dalam memberikan instruksi ini harus disesuaikan dengan kondisinya juga apakah formal atau tidak. Jadi meskipun meminta instruksi/ menyuruh adalah kegiatan yang wajar dilakukan sehari-hari. Namun dalam praktiknya harus lebih diperhatikan, agar tidak terlihat kasar/ memaksakan.

Karena salah pengucapan saja ini bisa berarti berbeda. Dimana seharusnya Anda ingin meminta dengan cara halus namun karena caranya salah. Hal ini membuat orang yang diminta marah, karena Anda dianggap tidak sopan. Maka dari itulah, pahami tips berikut ini untuk memberi instruksi ke dalam bahasa Inggris, salah satunya berbentuk imperative.

Memberi instruksi ke dalam imperative ini termasuk kata kerja yang digunakan untuk memberikan permintaan, suruhan ke orang lain. Biasanya kata kerja imperative ini dipakai untuk konteks yang tegas, sehingga terdengar kasar dan memaksa. Selain itu, ada lagi instruksi lainnya menggunakan kata kerja bantu dan tahapan. Lebih lengkapnya simak berikut ini:

Cara Membuat Instruksi dalam Bahasa Inggris

Instruksi Bahasa Inggris Berbentuk Imperative

Instruksi dalam bahasa Inggris berbentuk imperative ini dianggap lebih memaksa, contohnya adalah, “Be still, listen to me, take care, wake up, sit down, get down, give me back my pen, get me something to drink, help me, dll”. Meskipun terlihat tegas, ternyata masih ada cara untuk membuatnya lebih halus dengan kalimat imperative.

Tidak lain yaitu menggunakan tambahan lets/ please didalam kalimat agar kesannya lebih halus didengar. Anda bisa menggunakannya disaat berbicara dengan orang yang lebih tua sebagai bentuk rasa hormat kepada mereka. Misalnya saja, seperti, “let’s take a walk”, “please tell me what se said to you”, “let’s drink at this club”, dll.

Jadi dalam bentuk imperative ini jenisnya ada banyak. Hanya saja kalimat ini sering digunakan disaat ingin menyuruh seseorang yang lebih muda supaya mau menuruti instruksinya. Cara ini juga bisa digunakan oleh guru untuk memberikan instruksi kepada para murid di kelas.

Instruksi dalam Bahasa Inggris Memakai Kata Kerja Bantu

Jika sebelumnya menggunakan bentuk imperative, maka kali ini menggunakan instruksi dengan kata kerja bantu. Cara ini dinilai jauh lebih sopan daripada bentuk imperative sebelumnya, karena bisa mengubah kata suruhan menjadi permintaan. Sehingga siapapun yang mendengarnya merasa tidak keberatan, karena terdengar halus dan lebih sopan. Contoh kalimatnya bisa dilihat berikut ini:

Pertama, “Could you help me do this home work?”. Kedua, “Could you make a cup of tea for me?”. Ketiga, “Could you give me one hour to do my work?”. Ke-empat, “Can you spare some time today to come my house?”. Kelima, “Will you buy a cup of tea, please?”.

Jadi ada banyak cara yang bisa digunakan untuk memberikan Instruksi dalam bahasa Inggris. Setidaknya ada 4 macam kata kerja bantu yang dapat digunakan dalam membuat instruksi kepada orang lain memakai bahasa Inggris yang baik dan benar. Deretan kata kerja bantu yang bisa digunakan adalah can, could, would, dan will.

Untuk yang satu ini harus diperhatikan bahwa pemakaian could sebenarnya sama seperti penggunaan kata can. Namun, jika dibandingkan dengan kata can, could itu jauh lebih sopan. Sehingga kata could biasanya digunakan saat berbicara dengan orang yang dihormati/ lebih tua supaya terdengar lebih sopan didengar.

Instruksi dalam Bahasa Inggris Memakai Tahapan

Memberi instruksi dengan tahapan ini sudah tidak asing bagi sebagian besar orang. Karena Anda mungkin kerap melihat instruksi ini disaat mencari petunjuk pemakaian, terhadap barang tertentu atau disaat ada yang menyusuh untuk melakukan sesuatu. Petunjuk ini biasanya diberikan dalam bentuk tahapan. Jadi pemakaian tahapan dalam instruksi ini berupa beberapa tahap.

Biasanya kalimat instruksi berbentuk tahapan digunakan dengan kata hubung untuk sebuah proses. Kata hubung yang bisa dipakai dalam memberikan instruksi berbentuk tahapan adalah next, first, finally, dan then. Contoh pemakaiannya dalam instruksi ketika ingin menyuruh orang mengirim text pesan SMS, yaitu, first, then, next, and finally. Berikut  contoh membuat instruksi!

First, you have to write a text. Then, write a number phone for the message you have wrote in your phone. Next, send a message based on number phone you have wrote. And finally, the message has been delivered on receiver. Seperti itulah cara memberikan instruksi berbentuk tahapan in English.

Cara Memberi Instruksi Menggunakan Bahasa Inggris 

Jika sebelumnya diberikan contoh memberi instruksi, kali ini akan dijelaskan kembali saat ingin menyuruh seseorang melakukan sesuatu. Anda bisa membuat orang yang disuruh terbantu dengan memberi informasi lengkap beserta saran ke mereka. Sehingga hal tersebut bisa membuat orang yang dituntun terbantu, karena sama saja Anda sudah menuntunnya saat memberi instruksi dalam bahasa Inggris. 

Kemudian, menggunakan kalimat be careful not to... Bisa juga menggunakan kalimat, You need to... it’s important... Jadi ada banyak kalimat yang bisa ditambahkan supaya orang yang diberikan instruksi tidak bingung. Anda juga bisa menambahkan kalimat, “make sure that...” supaya dapat memastikan instruksinya dikerjakan dengan benar.

Jadi itulah poin penting yang bisa ditambahkan ketika membuat instruksi atau menyuruh orang dalam bahasa Inggris. Mungkin awalnya Anda merasa kesulitan, namun bila sering digunakan sehari-hari lama-lama akan terbiasa dengan sendirinya. Maka dari itu, gunakanlah instruksi dalam bahasa Inggris supaya terbiasa memakai kalimat sesuai situasinya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel