Cara Meminta Maaf Dalam Bahasa Inggris

Understanding about how to apologizing In English adalah hal paling penting saat belajar bahasa Inggris. Karena memahami bagaimana untuk meminta maaf kepada seseorang bisa menunjukkan, seperti apakah kesopanan Anda di mata masyarakat. Bahkan di beberapa negara yang memakai bahasa Inggris, ternyata sudah menjadikan kata maaf sebagai budayanya.

Anda mungkin hanya berpikir bahwa kata sorry merupakan satu-satunya permintaan maaf dalam bahasa Inggris. Padahal, selain kata sorry itu masih ada banyak cara mengucapkan maaf menggunakan kata-kata lainnya dalam bahasa Inggris. Umumnya perbedaan kata maaf ini dilihat dari situasi dan kondisinya. Apakah permintaan maaf itu untuk masalah formal atau informal.

Selain itu, kata maaf dalam bahasa Inggris juga dikategorikan berdasarkan wujud permohonan maafnya. Apakah untuk permintaan maaf masalah kecil, besar, informal, dan formal. Maka dari itulah supaya lebih mudah memahaminya akan kami sebutkan caranya di bawah ini, sehingga Anda tahu bagaimana caranya meminta maaf berdasarkan kondisinya.

Cara meminta Maaf Dalam Bahasa Inggris

How to Apologizing In English untuk Kesalahan Kecil dan Serius

Untuk permohonan maaf masalah kecil, Anda bisa menggunakan kata, “sorry” saja sudah cukup. Misalnya saja bila secara tidak sengaja Anda menabrak orang ketika di jalan atau bahkan mengatakan kata yang salah, maka bisa menggunakan, “sorry” untuk situasi informal. Beberapa frasa yang bisa diucapkan untuk kesalahan kecil ada banyak.

Misalnya saja, seperti sorry. Whoopes sorry! My bad, sorry. Sorry about that. My fault, dll. Cara tadi bisa digunakan untuk meminta maaf masalah kecil. Berbeda lagi bila Anda ingin meminta maaf untuk hal serius/ besar maka harus dikatakan dengan lengkap. Umumnya hal ini diucapkan dalam kondisi formal, seperti dalam pesta.

Bisa juga diucapkan ketika melakukan kesalahan ke orang lain dan membuat mereka marah. Anda bisa mengatakan I am so sorry untuk apologizing In English. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan kalimat, I apologize dan Oh my goodness, I’m so sorry. Untuk lebih lengkapnya perhatikan cara meminta maaf di bawah ini:

Pertama, “I should have listened where I was going, I am so sorry”. Kedua, ketika ingin meminta maaf karena datang terlambat bisa menggunakan kalimat, “I apologize for being late, my car was broken”. Ketiga, ketika meminta maaf karena mengganggu orang lain, “I am so sorry. Let me help you, please”.

How to Apologizing In English untuk Kesalahan Informasi

Sementara itu bila Anda membuat masalah yang berkaitan dengan komunikasi atau dengan tanpa sengaja telah memberi informasi salah, maka gunakan cara ini! Cara ini dapat dipakai saat Anda mengucapkan hal dan informasi yang salah. Sehingga, ada beberapa kalimat yang bisa diucapkan, seperti my mistake atau I was wrong on that.

Bisa juga mengatakan, “I had that wrong” dan “My apologies”. Jadi kalimat yang digunakan untuk apologizing In English bisa bermacam-macam. Jika Anda ingin membuatnya lebih formal, tambahkan saja informasi apakah yang salah setelah itu beritahukan kebenarannya. Misalnya saja dengan menggunakan kalimat seperti di bawah ini:

“My mistake, there will be one speaker today, not two”. Selain itu, contoh lainnya bisa menggunakan kalimat, “I had that wrong, apparently the level of poverty has decreased in out country last few years, my apologies”. Seperti itulah cara meminta maaf menggunakan bahasa lebih sopan ketika berada dalam kondisi formal.

Permohonan maaf di atas bisa digunakan ketika secara tidak sengaja informasi yang Anda sampaikan ternyata salah dalam situasi formal. Misalnya ketika Anda menjadi pembawa acara dalam sebuah pesta dan ternyata informasinya salah, maka gunakan kalimat ini untuk meminta maaf kepada audiens. Karena sifatnya adalah formal.

How to Apologizing In English secara Formal

Selain kalimat itu, bila misalnya Anda melakukan kesalahan besar/ serius kepada teman/ orang terdekat, maka gunakan permohonan maaf secara formal saat ingin meminta maaf. Jadi jangan menggunakan kalimat informal disaat ingin meminta maaf kepada orang terdekat, khususnya dalam kondisi profesional. Anda bisa menggunakan berbagai cara untuk minta maaf.

Misalnya saja, pertama “I want/ would like to apologize”. Kedua, “I sincerely apologize”. Ketiga, “apologize, I owe you”. Ke-empat, “I take full responsibility and apologize for that”, dll. Selain kalimat tersebut, bisa juga ditambahkan frasa penutup. Frasa penutup ini dibuat untuk memperlihatkan rasa penyesalan Anda terhadap kesalahan tersebut.

Diantaranya yaitu Anda bisa menambahkan, yang pertama “..wrong of me”. Kemudian yang kedua, “I hope you would be forgive me”. Ketiga, “.. for my behavior.”. Keempat, “..I have coused for any problems..”, dll. Untuk lebih lengkapnya, cara meminta maaf dalam bahasa Inggris berbentuk formal adalah sebagai berikut ini:

Pertama, “I would like to apologize for my behavior last night”. Kedua, “I want to tell you that I am so sorry. I hope you will forgive me friend”. Ketiga, “I sincerely apologize for any problems I have caused yesterday”, dan masih banyak lagi cara meminta maaf dalam bahasa Inggris.

Namun, yang pasti ada banyak cara yang bisa digunakan untuk meminta maaf menggunakan bahasa Inggris. Namun pastikan memakai kalimat yang tepat sesuai dengan situasi dan kondisinya. Karena ada beberapa kalimat maaf yang khusus digunakan untuk formal dan informal. Maka dari itu, memahami how to apologizing In English well adalah poin penting!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel