Macam-macam Salam Informal dalam Bahasa Inggris yang Harus Dipelajari

Salam informal dalam bahasa inggris sering kita dengar dan ucapkan untuk komunikasi. Sebagai makhluk sosial, berinteraksi dan berkomunikasi tidak lepas dari kehidupan sehari-hari. Dari lingkup paling kecil misalnya dengan anggota keluarga yang tinggal serumah. Setiap hari berkomunikasi secara langsung, dengan bahasa ibu ataupun bahasa asing sesuai kebiasaan semua orang.

Bahasa adalah sarana utama berkomunikasi. Sejak kecil kita sudah diajarkan bahasa ibu untuk mengekspresikan diri dan berinteraksi dengan orang lain. Ada bahasa formal dan informal yang kita kenal. Bahasa formal atau resmi digunakan untuk berbicara dengan orang yang lebih tua atau dituakan. Bahkan untuk situasi resmi juga bisa digunakan.

Macam-macam Salam Informal dalam Bahasa Inggris yang Harus Dipelajari

Bahasa informal digunakan dalam keluarga, teman sepermainan, dan orang yang lebih muda. Selain bahasa Indonesia, kita sering menggunakan bahasa asing untuk berkomunikasi. Apalagi di kalangan anak muda, berbahasa Inggris dianggap lebih pintar dan keren. Kali ini kita bahas berbagai alternatif salam dalam bahasa inggris yang biasa digunakan oleh semua orang.

Beberapa Situasi Informal dalam Kehidupan Sehari-Hari

Salam informal dalam bahasa inggris bisa kita gunakan dalam situasi yang tidak disengaja. Misalnya bertemu teman atau saudara di tempat umum. Sedang berbelanja, menonton film, di arena olah raga dan sebagainya. Dalam suasana belajar di sekolah, bahasa informal juga kita gunakan untuk berbicara dengan teman-teman.

Ketika acara bersama seperti reuni, pesta ulang tahun teman, perayaan hari keagamaan, perayaan hari besar nasional dan sebagainya. Ketika bertemu dengan teman-teman biasanya kita akan menggunakan salam dan bahasa santai. Karena justru aneh jika menggunakan bahasa formal meskipun situasinya semiformal.

Bertetangga, kita juga menggunakan salam informal. Terutama kepada orang yang seumuran dan yang dianggap lebih muda. Kepada orang yang lebih tua tetapi akrab dalam hubungan sehari-hari juga umumnya menggunakan bahasa yang lebih santai. Tanpa dianggap tidak sopan, karena sudah menjadi kebiasaan.

Di lingkungan kerja, salam dan ucapan dalam bahasa Inggris juga sering digunakan. Bertemu rekan kerja setiap hari di kantor, acara gathering atau training menggunakan bahasa yang akrab dan santai. Bertemu dengan klien saat makan siang bersama, klien yang dekat dan biasa berinteraksi biasanya sudah seperti teman sendiri.

Salam Informal dalam Bahasa Inggris untuk Orang-Orang yang Sering Kita Jumpai

Salam yang sering kita dengar adalah “hello”dan “how are you”. Baik dalam bahasa lisan maupun tulisan. Dalam bahasa lisan biasanya orang akan menyapa sambil mengulurkan tangan untuk bersalaman. Tetapi banyak variasi kata yang bisa digunakan sebagai sapaan, contohnya sebagai berikut:

  1. “Hey”, “Hey man”, atau “Hi”. “Hey” dan “Hi” digunakan untuk menyapa teman yang sudah sangat akrab dan sering kita jumpai. Tidak selalu bermakna “hello”, bisa digunakan untuk ekspresi meminta perhatian kepada orang lain. “Hey man” diucapkan sebagai salam kepada teman sebaya baik laki-laki maupun perempuan.
  2. “How’s it going?” atau “How are you doing?”. Salam informal dalam bahasa inggris yang lebih santai dari “How are you”. Bisa diucapkan kepada semua orang untuk menanyakan kabar. Biasanya akan direspon dengan “I’m fine”, “I’m doing well”, “Good!” dengan diakhiri kata Tanya “And you?” untuk menanyakan hal yang sama kepada pemberi salam.
  3. “What’s up?”, “What’s new?”, atau “Whats’s going on?”. Salam alternati dari “How are you?” dengan bahasa yang lebih santai. Umumnya digunakan sebagai basa-basi saja. Lawan bicara biasanya akan merespon dengan “nothing” atau “not much”. Dilanjutkan dengan “what about you?” untuk memancing percakapan yang lebih panjang.
  4. “How’s everything?”, “How are things?” atau “How’s life?”. Sama seperti point 2 dan 3. Salam informal ini digunakan untuk alternatif “How are you?”. Jawaban yang biasa disampaikan adalah “good” atau “not bad” sesuai kondisi saat itu.

Salam Informal dalam Bahasa Inggris untuk Orang yang Lama Tidak Kita Jumpai

  1. “How’s your day?” atau “How’syour day going?”. Salam ini artinya sama seperti kalimat how are you?” dalam bahasa Inggris. Tetapi diucapkan kepada seseorang setelah beraktifitas seharian, jadi salam ini diucapkan ketika petang hari bukan di pagi hari. Responnya bisa “good”, “not bad”, “fine”, “alright” atau “it’s going well”.
  2. “Nice to see you. Bisa juga Good to see you”. Salam ini diucapkan kepada teman, rekan kerja atau kerabat yang sudah lama tidak bertemu. Biasanya akan diiringi dengan berjabat tangan atau pelukan, sesuai kedekatan hubungan. Responnya bisa “nice to see you too”, “good to see you too”.
  3. “Long time no see” atau “It’s been a while”. Salam informal dalam bahasa inggris ini kita ucapkan kepada orang yang lama tidak dijumpai (padahal biasanya bertemu dalam jangka waktu yang rutin) dan bertemu secara tidak sengaja. Umumnya dilanjutkan dengan kalimat “how are you?”, “how have you been?” atau “what’s new?”

Slang English Greetings

Ada juga bahasa slang sebagai salam. Sifatnya kedaerahan, jadi sesuaikan dengan kondisi dan posisi dimana sedang berada. Salam “Yo!” atau “Yo man!” biasanya digunakan di Amerika. Salam “Howdy” yang merupakan singkatan dari “how do you do?” digunakan di Kanada dan US.

Kemudian “Sup?” atau “Whazzup?” artinya “what’s up?” digunakan untuk pesan singkat. “G’day, mate!” maksudnya “good day mate!” digunakan di Australia. “Hiya” maksudnya “how are you” digunakan di Inggris. Berbagai salam informal dalam bahasa inggris ini bisa digunakan dalam percakapan sehari-hari sesuaikan dengan situasi dan lawan bicara.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel